Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download RPP Kurikulum Merdeka atau Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Modul Ajar digunakan sebagai RPP - Perubahan yang cukup signifikan dalam kurikulum Merdeka adalah terkait pembuatan Rencana Pelaksanaa Pembelajaran (RPP). Beban dan tanggung jawab guru dalam pembuatan RPP kini ditiadakan atau dalam kata lain guru tak wajib menyusun RPP karena dapat diganti dengan modul ajar.

Modul ajar sebagai RPP dalam Kurikulum Merdeka bersifat ringkas berisi penggambaran rencana pembelajaran dengan metode penyusunan berbasis topik. Dalam penerapannya, guru bisa menggunakan modul ajar resmi yang diterbitkan oleh Kemendikbud atau melakukan pengembangan modul ajar dengan mengadaptasi modul yang sudah disiapkan oleh pemerintah.

Dari sisi guru, Kurikulum Merdeka ini juga memberikan banyak kemudahan mulai dari fleksibilitas pelaksanaan waktu pelajaran hingga dalam merancang RPP yang selama ini cukup membebani guru. Sehingga alternatif modul ajar sebagai RPP ini harapannya akan meringankan beban guru dan lebih fokus dalam meningkatkan mutu dalam pembelajaran. Untuk kumpulan Modul Ajar silahkan unduh di bawah ini.