Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat Ajar Kelas 1 Kurikulum Merdeka Semua Mata Pelajaran


Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka merupakan perangkat yang digunakan oleh pendidikan dimana perangkat tersebut mencakup berbagai media, modul ajar, buku ajar, video dan format lainnya yang digunakan oleh pendidik untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran (CP) sesuai Fase pada Kurikulum Merdeka. 

Begitu juga untuk perangkat ajar Kurikulum Merdeka Jenjang kelas 1 SD/MI untuk semua mata pelajaran harus digunakan pendidik untuk capaian pembelajaran dan profil pelajar pancasila sesuai Fase dengan kurikulum merdeka, yaitu Fase A.

Modul Ajar adalah salah satu perangkat ajar yang digunakan dalam kurikulum merdeka, Modul Ajar ini merupakan dokumen yang berisi tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, bahan-bahan pembelajaran yang akan digunakan, serta evaluasi yang diperlukan untuk satu unit atau topik, sesuai dengan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Adapun komponen dari Modul Ajar ini minimal harus mencakup tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran (termasuk media yang akan digunakan), evaluasi, serta sumber informasi dan referensi tambahan yang dapat membantu guru dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Modul Ajar memberikan manfaat signifikan bagi pendidik dengan membimbing mereka dalam melaksanakan proses pembelajaran, meningkatkan kelancaran, efisiensi, dan kualitas pembelajaran, serta berfungsi sebagai referensi yang berharga selama kegiatan pembelajaran. 

Modul Ajar ini juga menyediakan kerangka kerja yang menjelaskan prosedur dan organisasi pembelajaran sesuai dengan capaian pembelajaran, serta mendukung pencapaian kompetensi dalam Capaian Pembelajaran dan Profil Pelajar Pancasila pada setiap tahap perkembangan dalam mata pelajaran.

Dengan demikian modul ajar berperan dalam membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif dan terstruktur, sesuai dengan kurikulum dan kebutuhan siswa. 

Berikut link download Perangkat Ajar dan Modul Ajar Kelas 1 SD / MI Semua Mata Pelajaran Kurikulum Merdeka, silakan klik sesuai mata pelajaran masing-masing: