Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Rancangan Aktualisasi dan Laporan Habituasi Latsar CPNS

DESKRIPSI SINGKAT LATSAR CPNS

Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) adalah pendidikan dan pelatihan dalam Masa Prajabatan yang dilakukan secara terintegrasi untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter, kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, dan untuk memperkuat nasionalisme serta kompetensi bidang. Pelatihan Dasar CPNS bertujuan untuk mengembangkan kompetensi CPNS yang dilakukan secara terintegrasi. Kompetensi diukur berdasarkan kemampuan menunjukkan sikap perilaku bela negera; mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugas jabatannya; mengaktualisasikan kedudukan peran PNS dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia; dan menunjukkan Kompetensi Teknis yang dibutuhkan sesua dengan bidang tugas. Sementara terintegrasi berarti penyelenggaraan Pelatihan Dasar CPNS memadukan antara pelatihan klasikal dengan nonklasikal; dan Kompetensi Sosial Kultural dengan Kompetensi Bidang. (Sumber: Peraturan LAN No. 12 Tahun 2018)
Salah satu kegiatan pembelajaran Latsar CPNS adalah Aktualisasi, dimana semua peserta Latsar diwajibkan membuat dan mempresentasikan rancangan aktualisasi tersebut. Aktualisasi ini dimulai dari menetapkan isu, kemudian menyusun rancangan aktualisasi, melakukan coaching baik sebelum dan sesudah aktualisasi, serta melakukan seminar rancangan aktualisasi. Melalui blog ini, admin ingin berbagi pengalaman dan contoh laporan aktualisasi dan habituasi yang admin buat selama admin melaksanakan Latsar CPNS pada tahun 2019 lalu. Contoh tersebut boleh disesuaikan dengan isu yang ada di unit kerja peserta Latsar. Adapun rancangan aktualisasi tersebut dapat di download DISINI

Untuk mempresentasikan rancangan aktualisasi bisa dengan powerpoint seperti contoh di bawah ini :

Adapun file PPT nya bisa di unduh DISINI

Selepas kegiatan seminar rancangan aktualiasi, maka kegiatan selanjutnya bagi peserta LATSAR CPNS adalah Habituasi, yang merupakan agenda IV dari Pembelajaran LATSAR CPNS yang wajib diikuti oleh selurub peserta LATSAR. Dan kegiatan Habituasi ini biasanya dilakukan di Unit Kerja masing-masing peserta LATSAR CPNS dengan menerapkan nilai-nilai dasar PNS, dan nantinya akan mempresentasikan laporan Habituasi tersebut seperti video di atas. Adapun contoh laporan habituasi dapat diunduh DISINI

Untuk modul aktualisasi dalam bentuk pdf bisa di unduh DISINI. Lalu bagaimana proses pelatihan dasar CPNS selama beberapa minggu, simak video di bawah ini.
Namun jika tidak disiplin maka kita akan mendapatkan hukuman, dan disiplin sendiri akan menjadi bagian dari penilaian kelulusan LATSAR CPNS selain aktualisasi dan habituasi. Adapun hukuman tersebut bisa berupa video di bawah ini.
Ada satu materi pelatihan yang cukup menantang adrenalin yaitu bela negara, dimana peserta akan melakukan outbond dan jurit malam seperti video di bawah ini.
Dan untuk kelas Pelatihan Dasar CPNS sendiri memiliki Yel-yel yang akan kita laksanakan baik dalam outbond bela negara maupun selama proses pembelajaran di kelas seperti video berikut.
Lalu seperti apa sih bimbingan Aktualisasi dan Habituasi, simak sekilas proses coaching selama latsar di bawah ini 
Semoga bermanfaat, semoga jadi ASN 100%