Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Login ke web ANBK

Apa Itu Asesmen Nasional ?

Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. 

Asesmen Nasional terdiri dari tiga instrumen, yaitu:

  • Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid.
  • Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid
  • Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.
Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dilakukan untuk mengukur literasi membaca dan numerasi
  • Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia dan untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.
  • Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

Cara Login ke Web ANBK adalah sebagai berikut:

Login ke web ANBK bertujuan untuk mengatur identitas dan infrastruktur sekolah seperti status pelaksanaan anbk apakah dilaksanakan secara mandiri atau menumpang. Kemudian untuk mengatur moda pelaksanaan anbk apakah secara online atau semi online yang sesuaikan dengan infrastruktur satuan pendidikan masing-masing, berikut cara login ke web anbk:
  1. Silahkan kunjungi laman anbk kemdikbud pada link https://anbk.kemdikbud.go.id/
  2. Kemudian silahkan login dengan user dan password yang telah diberikan oleh Operator Dinas Pendidikan 
  3. Setelah berhasil login, maka akan diarahkan untuk pengaturan akun, silahkan di isi data operator sekolah, mengganti passwordnya dan kemudian simpan 
  4. Langkah berikutnya adalah mengisi data pada menu "data sekolah" dan silahkan isi data pada identitas, tim teknis dan infrastruktur, lalu klik simpan 
  5. Berikutnya silahkan unduh Surat Kesiapan ANBK di menu "data sekolah" lalu klik cetak, silahkan di tandatangani oleh Kepala Sekolah, kemudian upload Surat Kesiapan tersebut yang telah ditandatangani di menu upload