Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengubah Kuota Belajar dari Kemdikbud menjadi Kuota Internet Reguler.

Adanya pandemi covid-19 sangat berdampak terhadap sektor pendidikan. Sebagian besar daerah yang ada di Indonesia harus menyelenggarakan pembelajaran secara daring. Namun berbagai kendala muncul akibat pembelajaran secara online tersebut, dari tidak meratanya ketersedian jaringan internet di seluruh daerah, hingga tidak adanya kuota internet peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran daring. 

Namun pemerintah dalam hal ini melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) ikut andil dalam membantu permasalahan tersebut. Maka dari itu salah satu kebijakan Kemdibud adalah dengan memberikan bantuan Kuota Belajar yang diperuntukkan bagi pendidik dan peserta didik. Adapun jumlah kuota belajar yang diberikan tentunya berbeda-beda sesuai dengan jenjang pendidikan masing-masing. Berikut adalah jumlah bantuan kuota belajar yang diberikan oleh Kemdikbud.
Dari keterangan gambar tersebut berarti bantuan kuota internet yang diterima oleh pendidik dan peserta didik terdiri dari dua tipe kuota yaitu kuota umum dan kuota belajar. Kuota umum tentunya bisa digunakan seperti halnya kuota internet reguler, namun kuota belajar hanya bisa digunakan untuk mengakses LMS (Learning Management System) atau Flatform pembelajaran daring dan juga aplikasi virtual meeting yang digunakan untuk proses pembelajaran online. Penggunaan kuota belajar ini diperuntukkan seperti rumah belajar, google classroom, ruangguru, zenius, kelas pintar, sekolahmu, kipin school, zoom, google meet, cisco webex, microsoft teams, cloudX, termasuk whatsapp dan lain sebagainya.

Nah, dalam hal ini admin akan berbagi sedikit cara mengubah fungsi kuota belajar menjadi kuota reguler biasa sehingga bisa digunakan untuk keperluan mengakses internet dan penggunaan lainnya, yaitu dengan menggunakan aplikasi tambahan yang bisa didownload di playstore, yaitu aplikasi TLS TUNNEL. Caranya adalah sebagai berikut :

Video tutorialnya di bawah ini :


  1. Pertama kamu install aplikasi TLS TUNNEL di Playstore seperti gambar di bawah ini 

  2. Buka Aplikasi THL Tunnel tersebut dan buka menu Home, kemudian di menu connection method pilih custom sni. 
     

  3. pada SNI Host silahkan di isi g.whatsapp.com 

  4. di menu server silahkan pilih HK1 

  5. dan selanjutnya pada menu Port silahkan pilih T-443 

  6. Setelah semua di isi silahkan klik star 

  7. Silahkan cek pada menu log sudah terkoneksi atau muncul connecting seperti gambar dibawah ini 
Selamat mencoba dan jangan lupa untuk terus belajar. Salam merdeka belajar.