Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Website yang bisa mendeteksi hasil tulisan ChatGPT

Pertumbuhan teknologi dan kecerdasan buatan (AI) telah mengalami kemajuan yang signifikan seiring dengan perkembangan zaman. Inovasi dan penelitian terus-menerus dilakukan untuk meningkatkan kemampuan AI dalam berbagai bidang. Dalam beberapa tahun terakhir, kita telah menyaksikan kemajuan yang pesat dalam pembelajaran mesin, kecerdasan buatan, dan teknologi terkait. Hal ini disebabkan oleh adanya peningkatan daya komputasi, ketersediaan data yang lebih besar, dan pemahaman yang lebih baik tentang algoritma AI. Dengan kemajuan teknologi dan AI, kita telah melihat penggunaan yang luas dalam berbagai sektor, termasuk industri, kesehatan, transportasi, keuangan, dan lainnya. AI digunakan untuk mengoptimalkan proses bisnis, meningkatkan efisiensi, dan memberikan solusi cerdas untuk masalah yang kompleks.


Tak terkecuali dalam bidang pendidikan perkembangan AI juga memberikan dampak yang positif, namun tentunya akan memunculkan masalah baru, yaitu akan menambah tugas bagi pendidik yang harus mendeteksi hasil tulisan ChatGPT yang ditulis dalam bentuk tugas atau pekerjaannya. Berikut cara bagi pendidik untuk mendeteksi hasil tulisan ChatGPT menggunakan beberapa website di antaranya:

  1. https://writer.com/ai-content-detector/
  2. https://platform.openai.com/ai-text-classifier
  3. https://detectgpt.ericmitchell.ai/
  4. https://openai-openai-detector--5smxg.hf.space/
  5. https://gptzero.me/

Perlu diingat bahwa keakuratannya mungkin tidak 100 % akurat, namun website ini sudah cukup membantu para pendidik untuk mendeteksi hasil tulisan dari ChatGPT.