Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Recount Text

Pengertian & Tujuan

Recount text adalah salah satu jenis text yang menceritakan suatu kegiatan, kejadian atau pengalaman biasanya dimasa lampau. Tujuan dari Recount Text ini adalah untuk menghibur orang yang mendengarkannya.

Jenis Recount Teks 

Ada beberapa jenis recount text yang bisa dipelajari dan diantaranya ialah sebagai berikut:

  1. Personal Recount,  ini merupakan jenis teks recount yang menceritakan pengalaman pribadi penulis, seperti kenangan masa kecil, kenangan menikah dan yang lainnya. 
  2. Imaginative Recount, teks ini merupakan teks yang berisikan khalayan atau kisah imaginatif yang dituangkan dalam kisah atau cerita yang sudah terjadi. 
  3. Factual Recount, ini merupakan text yang menyajikan laporan atau berita yang sudah terjadi seperti laporan kehilangan, kriminal dan yang lainnya 
  4. Historical Recount, yaitu text yang menceritakan tentang peristiwa sejarah yang terjadi dimasa lampau.

Contoh Recount Text

Terjemahannya:
Saudaraku, Rizal, dan saya membuat bangku taman setelah ayahku memotong pohon mangga tua di belakang rumah kami tiga minggu yang lalu. Kami menggergaji potongan kayu besar. Kemudian kita punya ide. Kami bercerita kepada Ayah bahwa kita ingin membuat bangku taman. Dia setuju dan akan membantu kami. Kemudian, dia memotong batang kayu menjadi 3 bagian, diameternya 25 cm dan tingginya 25 cm. setelah itu, Rizal dan saya menggosoknya dengan amplas agar lebih halus. Setelah itu, kami keringkan dibawah sinar matahari selama satu minggu. Ketika sudah kering, kita mengecatnya, satu hijau, satu merah dan satunya biru. Akhirnya, kita keringkan lagi selama 3 hari.

Generic Structure

Recount text mempunyai 3 struktur utama, diantaranya: Orientation, Event, dan Reorientation

1. Orientation

Orientation merupakan pembuka dalam teks, yang mana menceritakan latar belakang, termasuk siapa, dimana, kapan dan bagaimana. Perhatikan contoh di bawah ini yang di ambil dari contoh recount text di atas.

My brother, Rizal, and I made the garden benches after my father cut down the old mango tree behind our house three weeks ago.

Terjemahannya:
Saudaraku, Rizal, dan saya membuat bangku taman setelah ayahku memotong pohon mangga tua di belakang rumah kami tiga minggu yang lalu.

2. Event 

Event merupakan serangkaian kejadian yang diceritakan dalam recount teks, biasanya ditandi dengan urutan kronologis. Perhatikan contoh di bawah:

We saw a big piece of wood. Then we had an idea. We told Dad we wanted to make garden benches. He agreed and he would help us. Then, he sawed the trunk into three pieces. 25 cm in diameter, and 25 cm in height. After that, Rizal and I rubbed them with sandpaper to make them smooth. After that, we dried them in the sun for one week. When they were dry, we painted them, one green, one red, and one blue. 

Terjemahannya:
Kami menggergaji potongan kayu besar. Kemudian kita punya ide. Kami bercerita kepada Ayah bahwa kita ingin membuat bangku taman. Dia setuju dan akan membantu kami. Kemudian, dia memotong batang kayu menjadi 3 bagian, diameternya 25 cm dan tingginya 25 cm. Setelah itu, Rizal dan saya menggosoknya dengan amplas agar lebih halus. Setelah itu, kami keringkan dibawah sinar matahari selama satu minggu. Ketika sudah kering, kita mengecatnya, satu hijau, satu merah dan satunya biru.

3. Reorientation 

Bagian ini merupakan penutup teks, yang mana bisa merupakan penegasan atau tambahan opini dari penulis. Perhatikan contoh di bawah:

Finally, we dried them in the sun again for three days. 

Terjemahannya: 
Akhirnya, kita keringkan lagi selama 3 hari. 

Untuk melihat sejauh mana pemahaman kalian silahkan kerjakan latihan dalam bentuk Quizizz di bawah ini :