Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar Peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD 2023

Ajang Olimpeade Sains Nasional (OSN) merupakan salah satu wujud dari implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggara Pendidikan dan sekaligus merupakan cara mengidentifikasi talenta di bidang sains melalui pendekatan kompetisi. Pada tahun ini OSN SD pada beberapa tahapan dilakukan tetap secara daring, dan yang terbaik akan diundang untuk berkompetisi secara luring pada tingkat nasional.

Tahun 2023 tahapan pendaftaran Peserta OSN SD terdiri dari dua tahapan, dimana proses pendaftaran dilakukan oleh operator sekolah dengan mempersiapkan berkas-berkas peserta dan melakukan registrasi peserta OSN SD pada tahapan di bawah ini yaitu sebagai berikut:

  1. Registrasi dilakukan oleh sekolah dengan menggunakan SSO PDData pada laman Portal Registrasi Terpadu Ajang Talenta https://daftar-bpti.kemdikbud.go.id/  dengan user dan password Dapodik
  2. Setelah berhasil login, jangan lupa menyalin/mencatat Kode Registrasi untuk digunakan di laman Pusat Prestasi Nasional nantinya.
  3. Kemudian Pilih Menu Peserta Didik yang terletak disamping kiri, kemudian pilih tambah peserta, dengan memasukkan NISN dan Tanggal Lahir peserta didik yang ikut OSN, lalu klik menu cek di bawahnya.
  4. Selanjutnya silahkan upload foto peserta didik dan mengisi data-data peserta OSN tersebut dan terakhir klik simpan. Setelah berhasil, lakukan penambahan peserta didik sesuai cara di atas dan jangan lupa klik simpan.
  5. Berikutnya Pilih Menu Pembimbing di sebelah kiri, dan klik menu tambah pembimbing di bagian kanan atas, tulis nama dan data-data pembimbing, dan jika sudah klik simpan. Tambahkan pembimbing lainnya sesuai cara tersebut dan jangan lupa simpan.
  6. Selanjutnya pilih Menu Ajang Talenta di sebelah kiri, lalu pilih Olimpiade Sains Nasional (OSN-SD), dan klik detail, maka akan muncul data peserta yang kita tambahkan tadi, lalu klik menu daftar di sebelah kanan, lalu pilih nama peserta dan nama pembimbing sesuai lomba (Matematika, IPA, IPS), lalu klik simpan
  7. Setelah itu akan muncul notifikasi "anda belum finalisasi", scrool ke bawah lalu klik menu finalisasi, maka muncul notifikasi "sudah finalisasi pendaftaran",  scrool ke bawah lalu klik menu unduh bukti pendaftaran. Selanjutnya daftarkan peserta lomba lainnya sesuai cara tadi dan jangan lupa unduh bukti pendaftaran.
  8. Setelah itu operator sekolah melanjutkan registrasi pada laman https://smp.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/lomba/session/index?jl=osn , login dengan NPSN sekolah dan Kode Registrasi yang di catat tadi. 
  9. Setelah berhasil login, pilih menu OSN, lalu klik menu Kabupaten/Kota, kemudian klik di bagian tengah atas yaitu sinkron peserta dari portal, setelah berhasil sinkronisasi, maka data peserta akan muncul. 
  10. Setelah data peserta muncul, klik di bagian aksi menu berkas, silahkan unggah berkas peserta yaitu pernyataan peserta OSN, izin orang tua peserta OSN, dan Surat Keterangan dari Sekolah, dan setelah diupload klik simpan. Untuk contoh templete berkas tersebut bisa di unduh (Disini).
  11. Berikutnya, silahkan klik menu disebelah kiri yaitu menu pengaturan akun, pilih menu generate peserta, pilih levelnya kabupaten, lalu klik generate. Maka akan terunduh data username dan password peserta OSN, dan silahkan dibagikan kepada peserta. 
Demikian cara melakukan pendaftaran peserta OSN SD Tahun 2023. Jika ingin melihat video pendaftaran silahkan simak di bawah ini, karena pendaftaran jenjang SD dan SMP adalah sama, karena login menggunakan akun operator sekolah.