Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bab 1 Informatika dan Keterampilan Generik

Tujuan Pembelajaran:

Setelah mempelajari bab ini, kalian memahami pentingnya informatika, dan memahami keterampilan generik (generic skill) untuk kolaborasi, merencanakan pekerjaan, dan mengomunikasikan hasil pekerjaan dengan efek tif dan menarik.

Kata Kunci.

Informatika, bidang pengetahuan, generic skills, berkerja dalam kelompok, merencanakan kerja, mengomunikasikan hasil kerja, presentasi, infograis.

A. Informatika Untuk SMP

Informatika adalah bidang ilmu mengenai studi, perancangan, dan pembuatan sistem komputasi, serta prinsip-prinsip yang menjadi dasar perancangan tersebut. 

Komputasi adalah ilmu yang berkaitan dengan pemodelan matematika dan penggunaan komputer untuk menyelesaikan masalah-masalah sains. Dalam mata pelajaran ini, kalian akan belajar mengenai teknologi komputer dan sistem yang dibangun menggunakan teknologi komputer tersebut

Informatika mencakup pemodelan dari komputasi dan aplikasinya dalam pengembangan Sistem Komputer. Landasan berpikir untuk belajar Informatika dinamakan berpikir komputasional (computational thinking). Berpikir komputasional ini merupakan suatu kerangka dan proses berpikir yang mencakup perangkat keras, perangkat lunak, dan menalar (reasoning) mengenai sistem dan persoalan.

Semula, Informatika hanya diajarkan di tingkat perguruan tinggi. Sekarang, di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia, informatika sudah mulai diajarkan di tingkat pendidikan dini, dasar, dan menengah. 

Saat ini, manusia hidup di era digital yang sering disebut Industri 4.0. Dalam Industri 4.0, banyak hal dilakukan oleh manusia dengan memanfaatkan mesin cerdas berbasis komputer dan internet. Masyarakat sekarang ini disebut Masyarakat 5.0 (Society 5.0) karena hidup di dunia isik sekaligus di dunia siber (maya) saat melakukan kegiatan daring (dalam jaringan).

Kegiatan yang didukung teknologi komputer dan internet, mulai dari berkomunikasi dengan media sosial, bermain game online, memesan makanan, memesan transportasi, mendaftar sekolah, belajar secara daring, dan sebagainya.

Apa materi informatika yang dipelajari di kelas 7

Agar kalian bisa menyiapkan diri menghadapi masa depan dengan kemampuan yang mencukupi, dalam mata pelajaran Informatika ini, kalian akan belajar hal-hal berikut ini. 

  1. Berpikir Komputasional: dalam materi ini, kalian akan belajar menyelesaikan persoalan-persoalan sehari-hari yang di baliknya mengandung berbagai macam konsep keilmuan seperti informatika, matematika, sains, atau ilmu sosial. 
  2. Teknologi Informasi dan Komunikasi: dalam bagian ini, kalian akan belajar cara membuat karya digital, berkomunikasi via surel, menggunakan peramban untuk mencari informasi, serta mengelola ile dalam folder. 
  3. Sistem Komputer: dalam materi ini, kalian akan belajar mengenai deinisi komputer, Komputasi dan sistem komputasi, bagian-bagian utama komputer dan fungsinya, interaksi perangkat keras dan perangkat lunak dengan piranti lain yang terhubung. 
  4. Analisis Data: dalam bagian ini, kalian akan belajar tentang pengelolaan dan penyajian data bervolume kecil untuk tujuan tertentu. 
  5. Algoritma dan Pemrograman: dalam materi ini, kalian akan belajar membuat program dengan menggunakan blok visual untuk menghasilkan suatu karya kreatif. 
  6. Dampak Sosial Informatika: dalam materi ini, kalian akan belajar mengenai sejarah perkembangan, peranan, dan dampak positif maupun negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kehidupan seharihari.
  7. Praktika Lintas Bidang: selain mempelajari materi-materi di atas, kalian juga akan belajar bekerja sama dengan teman-teman kalian untuk membuat karya dan mencoba memenyelesaikan masalah menggunakan pengetahuan yang kalian dapatkan di atas.

B. Keterampilan Generik (Generik Skill)

Keterampilan generik dalam keilmuan didefinisikan sebagai kemampuan dasar yang sifatnya umum dan bisa diaplikasikan ke berbagai ilmu-ilmu khusus lainnya. 

Tujuh aspek praktika informatika itu adalah seperti berikut. 

  1. Membina budaya kerja masyarakat digital dalam tim.
  2. Berkolaborasi untuk melaksanakan tugas dengan tema Komputasi. 
  3. Mengenali dan mendefinisikan persoalan yang penyelesaiannya dapat didukung dengan sistem komputasi. 
  4. Mengembangkan dan menggunakan abstraksi (pemisahan)
  5. Mengembangkan artefak komputasi (produk komputer yang berkaitan erat dengan teknologi), misalnya membuat program sederhana untuk menunjang model komputasi yang dibutuhkan di pelajaran lain. 
  6. Mengembangkan rencana pengujian, menguji, dan mendokumentasikan hasil uji artefak komputasi. 
  7. Mengomunikasikan suatu proses, fenomena, solusi TIK dengan mempresentasikan, memvisualisasikan, dan memperhatikan hak kekayaan intelektual.
Bekerja dalam kelompok akan mencakup hampir semua aspek tersebut dan hasil kerja kelompok akan dipaparkan, baik secara lisan, menjadi bahan presentasi, poster, atau karya lainnya. Oleh karena itu, dalam mengkomunikasikan ide, kalian perlu berlatih berkomunikasi lisan, tertulis, maupun menyiapkan bahan paparan dalam bentuk infografis. Ini merupakan salah satu contoh, bahwa mata pelajaran bahasa sangat penting untuk menunjang informatika. 

Pada bagian ini, kita tidak akan membahas tentang perkakas untuk berkolaborasi, membuat bahan presentasi, ataupun infografis.

Mengomunikasikan Hasil Kerja 

Komunikasi hasil kerja bisa dilakukan dengan presentasi dan demo produk atau dalam bentuk produk tampilan seperti infografis.

a. Infografis

Infografis berisi informasi teks dan gambar atau grafik lain yang akan mempermudah pembaca menangkap pesan yang dimaksud. Ilustrasi visual lebih mudah untuk ditangkap maknanya dan diinterpretasi ketimbang hanya tekstual. Contohnya pada gambar di bawah ini.


Sumber : canva.com

Perancangan konten (isi) infografis perlu memperhatikan hal berikut.
  1. Tujuan infografis dibuat: untuk mengedukasi, himbauan, ajakan, atau lainnya.
  2. Kepada siapa infograis ditujukan. Misalnya, membuat infograis untuk adik-adik TK akan berbeda dengan infografis paparan proyek sains kalian. Infograis saintifik kontennya harus lebih saintiik dan sesuai kaidah sains.
  3. Konten harus benar, masuk akal, dan jelas sumbernya. Konten bergantung pada tujuan infograis dibuat.
Dari segi tampilan, kalian perlu memperhatikan hal-hal berikut saat membuat infografis. 
  1. Pemilihan kata-kata kunci. Karena sempitnya ruangan, pemilihan kata dan kalimat perlu dilakukan. 
  2. Pemilihan huruf yang sesuai ukuran dan jenisnya. 
  3. Pemilihan ilustrasi (graik, gambar) yang sesuai. 
  4. Tata warna yang serasi dan sesuai dengan konteks. Beberapa warna mempunyai arti tersendiri. Bahkan, kalian perlu memperhatikan komposisi warna agar teman yang buta warna masih bisa menginterpretasi dengan baik. 
  5. Tata letak yang baik.
b. Presentasi

Presentasi adalah berbicara atau berkomunikasi dihadapan orang banyak untuk menyampaikan suatu gagasan, ide, materi, dan sebagai narasumber atau hal lainnya. Oleh karena itu diperlukan bahan presentasi yang menarik dan interaktif  serta tidak membosankan. Contohnya powerpoint


Sumber : canva.com

Dari Segi Konten 

1. Mengandung bagian penting berikut yang menunjukkan alur logika dari paparan yang mengalir dengan runtut: 
a. Ringkasan 
b. Latar belakang 
c. Paparan utama 
d. Penutup/kesimpulan 

2. Ditulis dalam bahasa yang sesuai dan dalam bentuk butir-butir kata kunci serta ringkasan teks. Sering kali bahkan bukan dalam kalimat lengkap. 

Dari Segi Tampilan 
  1. Ukuran huruf cukup besar untuk dapat dilihat oleh penyimaknya. 
  2. Seimbang antara teks dan gambar/ilustrasi. 
  3. Jumlah lembar yang sesuai dengan waktu yang disampaikan. Makin singkat, perlu sedikit lembar presentasi dan harus padat.