Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu hujan dan manfaatnya

 

Apa itu Hujan?

Hujan adalah peristiwa turunnya air dari langit ke bumi, yang di akibatkan karena, proses kondensasi uap air di atmosfer (langit) menjadi butir air yang cukup berat sehingga turun ke bumi.

Kemana Perginya Air Hujan?

Air hujan yang turun ke bumi akan meresap ke dalam tanah atau pun mengalir ke daratan yang lebih rendah hingga menuju sebuah genangan air yang biasanya yaitu danau, sungai, dan laut.

Air hujan yang turun ke daratan tanah akan meresap menjadi air tanah, yang dapat dimanfaatkan menjadi sumber air bagi manusia, tumbuhan, dan hewan.

Dari penjelasan di atas, sebaiknya jalan-jalan yang di Indonesia lebih baik permukaannya tidak di aspal ya, karena dapat menghambat penyerapan air ke dalam tanah, sehingga menyebabkan terjadinya banjir.

Air hujan juga akan jatuh dan mengalir ke danau atau sungai, yang dapat menambah jumlah volume air ditempat tersebut. Maka, untuk mencegah terjadinya banjir, jalan-jalan yang sudah ber-aspal dapat ditanami pohon di sisi jalan atau menyiapkan saluran air agar air hujan dapat mengalir ke tempat yang dapat menyerap air.

Air hujan juga dapat mengalir ke laut, dan akan kembali mengalami penguapan dengan bantuan sinar matahari sehingga proses sirkulasi hujan akan terus terjadi.

Manfaat Air Hujan

  • Mengairi persawahan atau pertanian dan perkebunan, sehingga menjadi lebih subur
  • Menjadi sumber air minum bagi makhluk hidup
  • Air hujan yang tertampung di danau atau sungai dapat menjadi sumber tenaga listrik