Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mesin Pencari Web ( Web Search Engine )

 
Mesin Pencari Web ( Web Search Engine ) adalah program penelusur informasi dari dokumen-dokumen yang disediakan di internet. Halaman yang dicari dapat berupa situs web, gambar, atau berkas lainnya. 

Ada banyak sekali jenis mesin pencari yang bisa digunakan untuk berselancar di internet. Berikut daftar mesin pencari web yang sering digunakan oleh masyarakat dunia dalam menelusuri informasi yang ada di internet :
  1. Google (www.google.com), Google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia. Google sendiri tersedia dalam berbagai bahasa yang ada di dunia. 
  2. Bing (www.bing.com), merupakan search engine yang dirilis oleh perusahaan Microsoft. Kita bisa melakukan penelusuran dengan menggunakan Bing yang biasanya sudah terintegrasi dengan Microsoft edge di windows terbaru pada laptop atau komputer.
  3. Yahoo (www.yahoo.com), sebelum Google menjadi pavorit masyarakat dunia menggunakan yahoo. Dan bisa disimpulkan untuk saat ini Yahoo adalah mesin pencari ketiga terbesar di dunia.
  4. Yandex.ru (www.yandex.ru) merupakan mesin pencari asal Rusia. Adapun tampilan layar yang digunakan juga berbahasa Rusia. 
  5. AOL ( www.aol.com) merupakan mesin pencari asal amerika dari perusahaan media massa multinasional, yang bisa digunakan untuk mencari informasi yang tersimpan di internet.
  6. Baidu (www.baidu.com) merupakan mesin pencari asal China atau biasa disebut "Google-nya China" dan Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Mandarin,
Selain mesin mesin pencari di atas, ada banyak mesin pencari lainnya. Namun ke enam mesin pencari tersebut lazim digunakan oleh sebagian besar penduduk di Dunia.