Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENGERTIAN WEB BROWSER (PERAMBAN) DAN CONTOHNYA

Setiap pengguna internet pasti menggunakan peramban atau browser dalam mencari informasi yang terdapat di website atau halaman situs internet. Untuk bisa mengaksesnya kita butuh perangkat lunak yang namanya browser. Tidak hanya di komputer atau laptop saja browser ini sudah terinstal, namun di smartphone juga sudah tersedia aplikasi tersebut. Nah pada kesempatan kali ini admin akan berbagi informasi dan ilmu pengetahun seputar Peramban/Browser.  Apa pengertian serta contohnya, mari kita simak pembahasan berikut ini.  Berikut adalah video penjelasannya. 

PENGERTIAN BROWSER (PERAMBAN)

Browser atau peramban merupakan perangkat lunak (software) yang digunakan sebagai media untuk membuka halaman website di internet dan berfungsi sebagai alat browsing atau kita kenal dengan istilah menjelajah internet.

Nah, ada banyak jenis browser yang kita gunakan sebagai sarana dalam menjelajah internet, sebagai contoh, chrome, mozilla firefox, internet explorer dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya kita akan membahasnya satu persatu, mungkin tidak semua browser yang akan kita pelajari. Yuk simak penjelasan di bawah ini.

Contoh Browser / Peramban 

1. Google Chrome

Google chrome merupakan peramban besutan perusahaan raksasa Google. Tampilan yang cukup minimalis dan sederhana serta akses loading yang lumayan cepat membuat peramban ini banyak dipakai di seluruh penjuru dunia, maka tidak heran pada sistem operasi android semua menggunakan peramban Google Chrome.

2. Mozilla Firefox

Jauh sebelum Google Chrome menjadi penguasa web browser, Mozilla firefox menjadi pilihan masyarakat dunia di era popularitasnya, banyak menggunakan peramban ini sebagai media untuk mengakses informasi yang ada di dunia maya. Selain di komputer dan laptop aplikasi Mozilla Firefox juga bisa diinstall untuk smartphone. Peramban ini dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan sukarelawan di Amerika Serikat. Meskipun banyak jenis browser baru berdatangan, namun mozilla firefox masih tetap memiliki banyak penggunanya.

3. Opera

Peramban yang terkenal dengan loading yang cepat dan ringan saat kita menjelajah halaman website. Peramban ini pertama kali diluncurkan dengan versi 2.0 di tahun 1996 oleh perusahan telekomunikasi di Norwegia. Pada awalnya perangkat ini hanya bisa digunakan di sistem operasi Mikrosoft Windows, namun seiring berjalannya waktu browser ini bisa digunakan di ponsel dan smartphone. Hingga saat ini ketangguhan browser ini bisa dirasakan saat kita browsing informasi di internet.

4. Internet Explorer

Pada mulanya Internet Explorer dikenal dengan nama Microsoft Internet Explorer. Peramban ini merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk menjelajah internet yang tak bebas dan gratis untuk sistem operasi windows. Dimana Microsoft membeli lisensi mosaic dari perusahaan Spyglass pada tahun 1995, sehingga terciptalah Internet Explorer. Jadi ketika kita membeli komputer atau laptop, maka peramban yang sudah pasti bandling di dalamnya adalah Internet Explorer.

5. Microsoft Edge

Peramban atau browser yang satu ini merupakan aplikasi perangkat lunak yang dikembangkan oleh perusahaan Microsoft yang termasuk dalam sistem operasi windows. Browser ini dirilis pada 29 Juli 2015 dan menggantikan posisi Internet Explorer pada Windows 10, serta bisa juga diinstal pada smartphone. Peramban ini lebih ringan dan cepat dalam penggunaannya menjelajah dan akses internet.

Selain dari contoh di atas ada banyak lagi jenis browser atau peramban yang bisa digunakan untuk browsing atau membuka halaman website di internet.