Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jawaban Studi Kasus Proses Pemrofilan Perkembangan Literasi Guru Literasi dan Numerasi

Studi Kasus Proses Pemrofilan Perkembangan Literasi

Setelah mempelajari Proses Pemrofilan Perkembangan Literasi , pada bagian ini Bapak Ibu akan diberikan beberapa kasus yang berkaitan dengan Proses Pemrofilan Perkembangan Literasi.

  • Amati hasi pemrofilan yang dilakukan SDN Karya Mulya 2 Kota Cirebon.
  • Deskripsikan hasil profilnya.

Jawaban: 

Berdasarkan pengamatan pada studi kasus 1, 2 dan 3, dapat kita perhatikan bahwa ketiga anak tersebut sudah dapat menceritakan kegemaran atau hobbi mereka dengan bahasa masing-masing, dengan menuliskan jawaban di kertas. Dimana anak usia 12 tahun tentu sudah mampu bercerita dan menuliskan hobbi mereka masing-masing serta mampu mengerjakan tugas sesuai dengan perintah yang diberikan kepada mereka. Sudah terdapat identitas diri dengan baik, terdapat penyampaian nama dan umur, serta menceritakan kegemaran mereka masing-masing dengan menggunakan bahasa yang sudah dapat dipahami oleh orang lain.

Sementara untuk anak usia 12-14 tahun kemampuan menulisnya bisa kita katakan kurang, namun mereka sudah mampu bercerita mengenai hobinya dan asal usul hobinya. Adapaun untuk kemampuan bernalar sudah bagus, namun kemampuan menuangkan pikiran ke tulisan perlu diasah terutama dari tatabahasa dan ejaan.