Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jawaban Studi Kasus Konsep Dasar Literasi Guru Belajar Seri Literasi dan Numerasi

Berikut kami sampaikan jawaban Studi Kasus Konsep Dasar Literasi Bimtek Guru Belajar Seri Literasi dan Numerasi.

Setelah mempelajari miskonsepsi literasi, definisi dan konsepsi literasi dalam lintasan waktu, coba berikan analisa Anda terhadap kasus di bawah ini:

Masyarakat Indonesia dikenal memiliki kekayaan budaya lokal dalam dunia literasi berupa tradisi bertutur, berpantun ketika acara hajatan, bersenandung saat menidurkan bayi, bercerita menjelang tidur, berkisah untuk memberikan nasihat. Kelisanan dan literasi sesungguhnya saling terkait dan berkelindan. Karena itu adanya anggapan bahwa tradisi lisan menghambat tumbuhkembangnya budaya baca (apalagi dalam artian luas) adalah tidak tepat.

Setujukah Anda dengan pernyataan di akhir paragraf tersebut? Jelaskan!

Jawaban:  

Tradisi bertutur dalam kehidupan sehari-hari

Saya setuju. Tradisi bertutur atau lisan adalah pondasi dasar bagi pengembangan bahasa. Dimana hal tersebut merupakan landasan pokok dari tumbuh kembangnya literasi membaca dan menulis.

Maka yang bagian yang paling awal dari kehidupan manusia adalah bercerita atau bertutur ini tidak bisa dihindari, karena kita adalah makhluk sosial yang memiliki bahasa sebagai perangkat simbol yang paling efektif untuk menyampaikan gagasan, pikiran, serta untuk berkomunikasi satu sama lain.