Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jawaban Forum Diskusi Miskonsepsi Praktik Baik Literasi dan Numerasi di Masyarakat Guru Belajar Seri Literasi dan Numerasi

Modul 3 : Literasi dan Numerasi di Sekolah, Keluarga dan Masyarakat

Contoh Jawaban Forum Diskusi Miskonsepsi Praktik Baik Literasi dan Numerasi di Masyarakat

Untuk memulai kegiatan ini silahkan Bapak Ibu Guru menjawab beberapa pertanyaan berikut dikaitkan dengan pengalaman dan pengetahuan yang telah dimiliki sebelumnya.

  1. Apakah Bapak Ibu Guru pernah mendengar atau membaca Gerakan Literasi Nasional (GLN) hal baik apa yang dapat Bapak/Ibu peroleh?
  2. Bagaimana baik Bapak Ibu Guru memanfaatkan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) untuk mendukung literasi sekolah dan keluarga?
  3. Ceritakan peran Bapak Ibu Guru sebagai akademisi dan anggota masyarakat untuk membumikan GLN.

Contoh Jawaban 1:

  1. Pernah, Ada banyak hal yang saya dapatkan diantaranya ialah kita membiasakan untuk berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. Kemudian kita harus mengenal lebih banyak kosakata dan kata baku atau tidak baku.
  2. TBM (Taman Bacaan Masyarakat) harus kita gunakan untuk melatih kemampuan literasi dan numerasi di masyarakat dan memotivasi anak dalam meningkatkan minat baca.
  3. Adapun peran saya sebagai akademisi dan anggota masyarakat untuk membumikan GLN dalam mengembangkan gerakan literasi dan numerasi dengan cara melakukan kegiatan sosialisasi tentang manfaat manfaat literasi, baik disekolah maupun di lingkungan rumah untuk kepentingan kehidupan dan demi kemajuan pendidikan di masa mendatang.

Contoh Jawaban 2:

  1. Saya sendiri pernah mendengar atau membaca Gerakan Literasi Nasional (GLN). Banyak hal baik apa yang dapat Saya peroleh adalah Saya tahu langkah-langkah literasi yang baik sehingga tidak membosankan.
  2. Saya telah memanfaatkan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) guna mendukung kegiatan literasi sekolah dan keluarga supaya Kami mendapatkan literatur yang bermacam-macam.
  3. Adapun peranan Saya sebagai akademisi dan anggota masyarakat untuk membumikan GLN membantu meminjamkan buku-buku Literatur yang saya punya untuk digunakan GLN.

Contoh Jawaban 3:

  1. Pernah GLN ini adalah Gerakan Literasi Nasional yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan baca anak dan menggerakan literasi dengan menerbitkan buku-buku pendukung yang berbasis lokal.
  2. Perlunya dukungan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) guna mendukung kegiatan literasi sekolah dan keluarga sehingga diharapkan Taman Bacaan ini dapat berfungsi dengan sempurna. Cara yang dapat dilakukan untuk terlibat aktif dalam memanfaatkan fasilitas ini adalah dengan mempromosikan taman ini serta melengkapinya dengan permainan anak dan remaja sehingga mereka tertarik untuk berkunjung, bermain, dan berliterasi.
  3. Adapun peran saya dalam mengembangkan gerakan literasi dengan cara bersosialisasi tentang manfaat membudayakan literasi disekolah maupun di lingkungan rumah.